Minggu, 16 September 2012

Output Device


Output Device
1.Monitor
    Monitor adalah Perangkat keras dalam sistem komputer yang digunakan untuk menampilkan citra video atau berfungsi sebagai layar tempat menampilkan  hal-hal yang Anda kerjakan di komputer Anda baik dalam bentuk teks atau grafik. Di masyarakat ada beberapa jenis monitor diantaranya adalah monitor yang berlayar cembung yang disebut monitor RCT(Catoda Ray Tube) adalah  Teknologi yang dipakai untuk membuat sistem tampilan atau monitor komputer menggunakan tabung sinar katoda. Jenis penampil gambar Projector yang dapat memancarkan ragam warna bisanya digunakan untuk Persentasi. Dan monitor dengan layar LCD.
Dalam monitor ada istilsh CGA dan EGA maksudnya adalah  :
CGA        : Color Graphics Adaptor. Salah satu tipe monitor, yaitu standar IBM untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalam mode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna.
EGA        : Enhanced Graphics Adaptor. Salah satu standard resolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA. Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80x25 karakter atau 40x25 karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640x350 titik. Perkembangan dari jenis EGA diantaranya adalah ATI Technologies Inc dengan card bernama EGA WONDER, dapat menampilkan 132 x 25 karakter. Monitor jenis EGA masih memakai konektor monitor yang sama dengan monitor jenis CGA dan Monochrome. EVEREX mengeluarkan card EPGA (Enhanced Proffesional Graphics Adapter), mampu menampilkan 649 x 480 titik (dot) dengan 256 warna, dari 4096 kombinasi warna dasar (pallette). EPGA dan disebut juga PEGA (Proffesional Enhanced Graphics Adapter), ataupun PGA (Proffesional Graphics Adapter), menampilkan layar teks 132 x 43 karakter pada multi frekuensi atau Ulta sync, dan fleksibilitas yang dapat menggunakan monitor monochrome maupun enhanced monitor. Monitor ini mempergunakan konektor 9 pin yang terdiri dari 2 baris.

2.Printer
    Hard-copy device atau Printer yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras. Printer berfungsi sebagai alat output saja, karena printer hanya digunakan untuk menerima data dari komputer. Data-data yang diterimanya akan diterjemahkan menjadi tulisan dan gambar yang tercetak dikertas. Dalam perkembangannya Printer dibagi menjadi 3 jenis, yaitu: Dot Matrik, Inkjet dan Laser Printer. Dot matrik merupakan jenis printer lama yang masih digunakan oleh perkantoran. Printer laser dan inkjet merupakan jenis printer yg sering digunakan saat ini. Secara garis besarnya jenis-jenis printer sebagai berikut :

1. Dot Matrik, Printer jenis ini menggunakan tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
2. Inkjet, Printer jenis ini menggunakan tinta cair atau liquid ink.
3. Laser printer, Printer jenis menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter.

3.Speaker
    Speaker memiliki fungsi untuk mengeluarkan data berupa suara. Perkembang speaker semakin berkembang dari segi bentuk dan kekuatan suaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar