Minggu, 16 September 2012

Input dan Output Device

Input dan Output Device 

Input - Output Device merupakan komponen Hardware yang ada pada komputer yang berfungsi untuk menerima data dan mengeluarkan informasi. Adapun komponen-komponen Hardware Input Device yang umum yaitu seperti Keyboard, Mouse, Microphone, Scanner, CD – ROM, DVD - ROM, dll.
    Sedangkan komponen-komponen Hardware Output yang umum yaitu seperti Monitor, Printer. Selain dari Hardware-Hardware di atas, adapula Hardware yang memiliki fungsi ganda yaitu sebagai Input dan juga sebagai Output Device atau yang lebih sering disebut Terminal. Komponen-komponen ini diantaranya yaitu Floppy Disk(FDD), CD RW, DVD Combo, DVD RW, dan Hardisk.
Berikut ini merupakan komponen-komponen Input dan Output device :

1.Keyboard

    Keyboard adalah sebuah papan berisi tombol–tombol yang terdiri dari tombol–tombol  fungsi (f1…f12), tombol bertanda huruf, angka, tanda baca seperti yang terdapat dalam mesin tik, tombol panah dan tombol lain. Keyboard dihubungkan dengan CPU melalui beberapa jenis tipe konektor diantaranya adalah AT, PS 2, USB dan  Wireless.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
a) Tombol Ketik ( Typing Keys )
    Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang banyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
b) Numeric Keypad
    Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur  angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
c) Tombol Fungsi ( Function Keys )
    Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
d) Tombol Kontrol ( Control keys )
    Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan esc 2. Mouse
    Mouse adalah perangkat keras untuk berinteraksi dengan layar monitor. Berbentuk kotak segenggaman tangan dengan dua / tiga tombol di sisi atas dan bola kecil di sisi bawah serta seutas kabel yang menghubungkannya pada CPU. Perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjuk perintah atau program pada layar monitor.
Mouse menurut kabel konektornya dibagi menjadi :
    - Mouse dengan konektor PS/2.
   Mouse dengan konektor PS/2 merupakan jenis mouse standard yang umum digunakan oleh masyarakat.ape (esc).    
Pada umumnya sebuah Mouse hanya memiliki dua fungsi, yang pertama yaitu tombol sebelah kiri digunakan untuk perintah OK atau untuk menjalankan dan mengaktifkan salah satu icon, sedangkan yang sebelah kanan digunakan untuk mengidentifikasi icon itu.

3.Microphone
    Microphone merupakan sebuah alat Input Device yang digunakan untuk merekam suara kedalam komputer. Yang biasanya dihubungkan dengan Sound card.


4.Scanner
    Scanner adalah alat yang dipakai untuk memasukkan data berbentuk citra atau gambar objek ke dalam komputer, dengan jalan mengubahnya menjadi data digital. Scanner hanya dapat digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk dua dimensi. Perkembangan scanner ini tidak hanya digunakan untuk men-scan gambar, tapi sudah ada yang dapat men-scan objek dalam bentuk negative film. Kehebatan scanner dipengaruhi oleh ketajaman lensa dalam membaca objek gambar.
    Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas follio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
    Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII. Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merek pula, diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard(HP), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

5. CD – ROM
    CD-ROM (Compact Disk–Read Only Memory ) adalah sebuah alat komputer yang dipakai untuk memutar atau membaca Compact Disk (CD). CD-ROM merupakan salah satu media penyimpanan External Memory. Cara kerja CD-ROM adalah dengan cara membaca lempengan CD menggunakan lensa optic kemudian data dikirimkan ke dalam memori internal sebelum disampaikan pada output yang diinginkan oleh User. Kualitas CD-ROM pada masyarakat umum dilihat dari kecepatan putar atau kecepatan membaca. Pada awal dikeluarkannya, CD-ROM memiliki kecepatan 4X, 8X, 16X hingga yang terbaru dengan kecepatan 52X Max, kecepan baca inilah yang membuat pengiriman data menjadi lebih cepat.
6. DVD – ROM
    DVD ROM(Digital Vidio Disk Rend Only Memory) yang merupakan Hardware Input Device yang  tidak jauh berbeda dengan CD – ROM. Fungsi dan kegunan DVD-ROM sama dengan CD-ROM yaitu digunakan untuk memutar dan membaca, tetapi berbeda dengan CD-ROM, DVD-ROM tidak hanya dapat membaca dan memutar  CD ( Compek Disk ) tapi dapat pula memutar DVD.
    Perbedaan CD dan DVD adalah kapasitas data yang di simpan DVD jauh lebih besar dibandingkan dengan CD. Dalam satu keeping DVD data yang dapat di simpan mencampai 4.2 GB sedangkan pada CD hanya 700 MB, walaupun dari segi ukuran kepinganya sama. Itu karena data yang di simpan pada DVD telah di perkecil dibandingkan dengan data yang ada pada CD.

1 komentar:

  1. Do this hack to drop 2lb of fat in 8 hours

    Well over 160 000 men and women are using a simple and SECRET "liquid hack" to burn 1-2 lbs each night while they sleep.

    It's painless and works on anybody.

    Just follow these easy step:

    1) Grab a clear glass and fill it up half the way

    2) And now do this weight loss hack

    and you'll be 1-2 lbs lighter the next day!

    BalasHapus