Minggu, 16 September 2012

Konfigurasi Sistem Komputer


Konfigurasi Sistem Komputer

Komputer adalah sebuah perangkat yang memungkinkan seseorang lebih terbantu dan ringan terutama di dalam menghadapi persoalan pekerjaannya terlebih lagi apabila manusia dihadapkan pada persoalan menghitung angka-angka besar dan mempunyai tingkat kompleksitas yang tinggi. Namun apakah sebenarnya komputer tersebut dan apa saja perangkat yang ada di dalamnya?. Untuk menjawab semua itu marilah kita bahas arsitektur/ konfigurasi dari komputer tersebut.

Komputer terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
  1. Perangkat Keras atau yang dikenal dengan istilah Hardware
  2. Perangkat Lunak atau yang diistilahkan sebagai Software
  3. Serta Perangkat Otak atau yang dikenal dengan Brainware.
Hardware adalah perangkat dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Peralatan ini berfungsi untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi yang sangat dibutuhkan oleh pemakainya. Perangkat ini terbagai menjadi 3 bagian yaitu :
  1. Perangkat Input
  2. Perangkat Proses dan
  3. Perangkat Output
Software adalah : serangkaian prosedur atau dokumentasi program yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dikehendaki. Kalu sekarang ini istilah software diberikan kepada program-program yang ada dalam sistem sebuah komputer misalkan office, photoshop dan lain sebagainya.
Software ini juga terbagi menjadi 3 bagian yakni :
  1. Sistem Operasi (penjelasan lebih lanjut lihat di Sistem Operasi)
  2. Bahasa pemograman
  3. Program paket
Brainware adalah orang-orang yang bekerja dengan menggunakan media komputer . Brainware ini juga terbagi menjadi 3 bagian yakni :
  1. Operator
  2. Programmer
  3. System Analyst

PERANGKAT-PERANGKAT YANG ADA DI DALAM SISTEM UNIT KOMPUTER
A. Perangkat Keras
Yang terdiri dari :
  • Perangkat Input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan serangkaian instruksi ke dalam sistem komputer. Ada beberapa komponen/ perangkat yang dimasukkan ke dalam perangkat input ini diantaranya adalah :
1) Keyboard, Keyboard ini adalah merupakan alat yang banyak digunakan dan menjadi mutlak untuk di gunakan. Keyboard memiliki fungsi yang mirip dengan mesin ketik (kalau jaman dahulu). Hanya saja keyboard ini memiliki beberapa kemampuan tambahan diantaranya adalah terdapat tombol-tombol fungsi mulai dari F1 sampai dengan F12 yang umumnya digunakan untuk suatu perintah yang diberikan namun perintah tersebut tergantung daripada aplikasi atau program yang sedang digunakan.
Keyboard yang ada selama ini terbagi menjadi 2 jenis yakni Keyboard QWERTY dan jenis keyboard DVORAK. Namun keyboard yang sering digunakan dan banyak digunakan saat ini adalah keyboard jenis QWERTY (lihat keyboard kalian disana terdapat huruf QWERTY yang berderetan). Dengan pertumbuhan tehnologi yang sangat pesat mengakibatkan saat ini keyboard sudah menggunakan tehnologi yang super canggih misalkan keyboard dengan tehnologi USB dan wireless (tanpa kabel).

Struktur tombol pada keyboard
Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan–penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4 (empat) , yaitu:
  • Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
  • Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
  • Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
  • Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

2) Mouse
Mouse ini adalah sebuah alat yang digunakan sebagai pengatur posisi kursor (tanda panah yang sering kali bergerak ketika kita menggeserkan mouse). Pada awalnya mouse yang ada adalah masih menggunakan roda di bawahnya, namun dengan perkembangan yang pesat dari tehnologi saat ini mengakibatkan perkembangan perangkat komputer mengalami kemajuan yang luar biasa, saat ini mouse sudah menggunakan tehnologi infrared dan tehnologi wireless.

3) Scanner
Scanner adalah alat yang digunakan secara otomatis untuk memasukkan data baik berupa huruf, angka maupun gambar pada selembar kertas atau objek lain ke dalam CPU dan akan ditampilkan pada layar monitor. Scanner pada awal pembuatannya adalah dibuat hanya untuk memasukkan sample dari suatu penelitian pada selembar kertas dan menjalankan operasi berdasarkan nilai yang diterimanya. Namun dengan perkembangan tehnologi yang sedemikian pesatnya scanner saat ini sudah bisa digunakan untuk memasukkan objek dari sebuah benda secara langsung sehingga objek yang masuk ke dalam komputer dapat berupa gambar seperti 3 dimensi. Dan kini dipasaran telah dapat kita jumpai scanner yang difungsikan juga sebagai printer dalam satu mesinnya.
  •  Perangkat Proses adalah perangkat yang digunakan untuk melaksanakan kumpulan instruksi yang akan ditujukan untuk menghasilkan suatu hasil yang dikehendaki.
Komponen CPU terbagi menjadi beberapa bagian yakni :
  1. Unit Kontrol, yang mampu mengarahkan aliran program. Unit eksekusi yang mampu melakukan operasi terhadap data, dan memiliki beberapa bagian seperti ALU (Arithmatic and Logical Unit), Unit titik mengambang (Floating Point Unit) dan lain sebagainya.
  2. Memori internal CPU, yang berupa cache, komponen ini kadang-kadang terdapat dalam CPU namun banyak CPU yang tidak memilikinya, khususnya CPU yang produk lama.
  3. Sekumpulan registrasi yang dapat digunakan untuk menampung operasi dan hasil perhitungan yang belum selesai dengan sempurna.
Dari segi fungsinya CPU berfungsi sebagaimana layaknya kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemerosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras.Lalu apa saja sih isi dari CPU itu?

CPU terdiri dari beberapa komponen yakni :

a) Motherboard.
Sebuah papan induk yang menyediakan koneksi logic dan elektrik antar komponen dalam sebuah komputer. Pada komputer modern motherboard merupakan PCB yang kompleks dan berisikan komponen dan interkonektor seperti soket dan slot. Minimal di dalam motherboard terdiri atas konektor :
  • Soket Microprosesor
  • Slot ke memori utama
  • Chipset yang menjadi perantara antara CPU dengan Front-side Bus yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat input/output lain
  • Chip memory Non-Volatile (tetap), biasanya berupa Flash ROM seperti BIOS
  • Generator waktu yang mengendalikan waktu sistem dan sikronisasi berbagai macam komponen
  • Slot untuk kartu tambahan berupa PCI dan AGP
  • Konektor daya untuk menerima suplay energi dari power supply.
b) Memori
Memori merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data, instruksi yang harus dilakukan proses maupun hasil dari proses yang dilakukan oleh sebuah komputer. Berdasarkan sifat data yang disimpan maka memori di kelompokkan dalam :
a. ROM
b. RAM
ROM atau Read Only Memory adalah medium penyimpanan data pada komputer. ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam komputer. ROM bersifat permanen artinya adalah program/ data yang disimpan di dalam ROM tidak mudah hilang atau berubah walaupun aliran listrik dimatikan.
ROM di dalam komputer modern berupa IC. Data dalam ROM dimasukkan langsung melalui mask pada saat perakitan chip, hal ini yang membuatnya sangat ekonomis terutama jika kita memproduksi dalam jumlah yang bahnyak. Namun hal ini juga yang membuatnya mahal karena bersifat tidak fleksibel. Sebuah perubahan walaupun hanya 1 bit membutuhkan mask baru yang barang tentunya tidak murah.
RAM atau Random Akses Memory adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isisnya dapat diakses dalam waktu yang tidak tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Perusahaan semikonduktor yang mulai debut pertamanya memproduksi RAM ini adalah INTEL dengan memproduksi RAM dengan tipe DRAM.
Saat ini dipasaran juga dapat dijumpai jenis/ tipe RAM diantaranya jenis : DDR

c) Processor
Adalah lempengan khusus berisi rangkaian IC (Integrated Circuit) yaitu kumpulan transistor terpadu dalam satu silikon, contohnya Intel, AMD. Processor digunakan untuk memperoses data atau program yang dimasukkan melalui peralatan input.

d) BIOS
Adalah merupakan singkatan dari Basic Input Output System. BIOS merupakan semacam software yang langsung terinstal dalam chip yang dijalankan oleh PC manakala komputer dihidupkan. Fungsi BIOS adalah mengidentifikasi dan menganalisis komponen perangkat keras seperti hardisk, CD, Floopy serta untuk mencari program lain pada perangkat keras tersebut yang dapat mengendalikan PC (Sistem Operasi). Proses ini dikenal dengan istilah booting atau booting up.

e) Sound Card
Adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan juga untu merekam suara. Awalnya sound card ini hanyalah sebagai pelengkap pada sebuah PC namun saat ini sound card boleh dikatakan adalah merupakan perangkat wajib pada sebuah PC. Ada beberapa tipe soundcard :
  1. Sound card yang onboard artinya sound card yang menempel langsung pada motherboard
  2. Sound card offboard artinya sound card yang pemasangannya dilakukan pada slot ISA/ PCI yang ada pada motherboard
  3. Sound card external yakni sound card yang penggunaannya disambungkan ke PC dengan jalan menghubungkan melalui port eksternal seperti USB.
f) VGA (Video Grafhics Adapter)
Adalah merupakan perangkat keras pada PC yang dapat mendisplay gambar melalui konektor. Perangkat ini terhubung ke motherboard melalui PCI, AGP, serta PCI express.

g) Hardisk
Adalah merupakan perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Alat ini dibuat pertama kali oleh Reynold Jhonson pada tahun 1952. Dalam perkembangannya hardisk ini mengalami perkembangan yang pesat dimana saat ini bentuk fisiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Saat ini pula kita tidak hanya menjumpai hardisk sebagai perangkat internal dari sebuah PC tetapi juga dapat dipasang diluar perangkat dengan penggunaan kabel USB.

h) PCI (Periferal Component Interconnect)
Adalah merupakan bus khusus pada komputer yang berguna sebagai tempat menancapkan perangkat periferal ke motherboard.
PCI express pada sistem unit komputer adalah merupakan penyederhanaan dari PCI sebagai slot untuk kartu tambahan. PCI express di desaign dengan tujuan untuk menggantikan fungsi dari bus PCI.
  • Perangkat keluaran (output device)
Salah satu perangkat yang berfungsi untuk melihat hasil proses dari masukan, adapun perangkat tersebut adalah sebagai berikut :
1) Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat yang berguna menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input
2.) Printer (Alat Cetak)
Peranti ini berfungsi untuk mencetak proses dari masukan (Input)
Jenis – Jenis Printer
Secara garis besar, printer terdiri atas:
a. Dot Matrix Printers, yang bekerja dengan cara hentakan. Jenis printer ini sebenarnya menghentakkan tinta diatas karbon untuk membentuk karakter dikertas. Printer ini banyak digunakan untuk mencetak slip gaji dan wartel.

b. Inkjet Printers. Jenis printer ini sering digunakan untuk pencetakan dalam jumlah yang sedikit dan tidak mengutamakan kecepatan, seperti mencetak surat di perkantoran dan di rumah.

c. Laser Printers, ialah jenis printer yang menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi. Printer ini didesain untuk memberikan hasil yang bagus dalam pencetakan grafik dan photo.

3) Speaker
Peranti ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer

B. Software/ Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan perangkat keras dengan pengguna. Perangkat lunak secara umum terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

1. Sistem Operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting didalam menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras yang dipergunakan yaitu komputer. (Sistem operasi ini akan dibahas di bab selanjutnya)
Sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi
1. Sistem operasi berbasiskan teks
Merupakan sistem operasi yang menggunakan teks sebagai sistem. Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan teks, yaitu :
- DOS, (Disk Operating System) yang dikeluarkan oleh Microsoft pada tahun 1981, lihat gambar berikut :
- Unix merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960 dan merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix yaitu ;
1. Unix
2. OpenBSD
3. FreeBSD
Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP dan Sun Solaris.

2. Sistem operasi berbasiskan Unit grafis antar muka (GUI / Graphic Unit Interface)
Merupakan sistem operasi yang berbasiskan gambar atau grafis unit antar muka, Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan GUI, yaitu :
  • Windows merupakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang dikeluarkan oleh Microsoft.
  • Macintosh pertama dikeluarkan pada bulan Januari 1984 sangat mudah digunakan (user friendly) dibandingkan dengan yang lainnya. Versi terakhir yang dikeluarkan Macintosh sistem operasi yaitu sistem X yang digunakan di Apple iMac Desktop ataupun Apple Notebook.
  • Linux pertama kali dikeluarkan tahun 1991 oleh Linus Torvald. Linux ini merupakan salah satu varian dari Sistem Operasi Unix. Linux Generasi I (pertama) merupakan Sistem Operasi berbasis Teks. Setelah Linux berkembang pesat karena sifatnya open source, maka Linux saat ini telah berbasiskan grafis sebagai antar mukanya. Dan Linux itu terdiri dari beberapa distribusi (distro / Pengembang) :
Beberapa contoh distro linux di bawah ini :
1. Mandrake
2. Suse
3. Fedora Core dan sebagainya

2. Perangkat Lunak Aplikasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata, lembar sebar, presentase, pengolahan halaman web hingga perangkat media player dan sebagainya, hal ini sudah berkembang sejak sistem operasi tersebut dikembangkan.

Perangkat lunak aplikasi terdiri dari :
Program Paket ialah program yang siap pakai atau digunakan, biasanya program aplikasi ini banyak terdapat atau digunakan pada usaha bisnis maupun perkantoran, misalkan : MS Office, photoshop, corel draw dll.
Program bantu (Utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan diatas, seperti, antivirus, defragmenter, format disket, periksa sistem dan sebagainya.
  
3. Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengkonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi. Sebagai contoh bahasa pemrograman Bahasa BASIC, COBOL, C++ dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar